Jerry West dibalik Logo NBA

Posted by Hanung On 0 komentar
Bagi para penggemar olahraga Basket NBA, pasti tidak asing dengan logo NBA yaitu logo dengan warna Biru, Merah dan siluet orang sedang memegang bola basket berwarna putih. Tapi sebenarnya apa itu hanya asal bikin saja atau merupakan siluet seseorang yang berarti di dunia NBA sehingga dijadikan sebagai logo olahraga di Amerika Serikat ini.

Jerry West, dialah orang yang menjadi siluet didalam logo NBA tersebut. Pemain yang kerap dijuluki Mr Clutch ini disebut sebagai guard terbaik, bukan hanya karena tinggi badan dan aspek atletisnya, melainkan karena sangat seringnya Jerry West mengalami insiden berdarah. Seringkali West harus dibopong, bahkan ditandu saat keluar dari lapangan karena cedera yang dialaminya. Ia juga tak jarang mengalami patah tulang hidung saat bertanding.

Jerry Alan West (lahir 28 Mei 1938) adalah veteran pemain NBA yang memainkan seluruh karir profesionalnya untuk LA Lakers. Julukan yang diberikan kepadanya "Mr Clutch", diberikan karena kemampuannya untuk membuat bermain sebagai pengatur dalam pertandingan-pertandingan besar, seperti yang terkenal ketika lemparannya mengalahkan 60-kaki saat Final NBA tahun 1970 melawan New York Knicks.


Jerry West tercatat 14 kali memperkuat 'All Star Team', namun baru satu kali memenangi pertandingan. Ia menjadi orang ketiga yang mencetak lebih dari 25-ribu poin, wajar saja jika West di juluki bintang NBA sepanjang masa, karena dalam setiap pertandingan rata-rata ia mencetak 27 poin. Klimaksnya, pada tahun 1997, West resmi dimasukkan ke dalam daftar 50 pemain terbaik dalam sejarah NBA, bersama Shaquille O'Neal, Dominique Wilkins, Wilt Chamberlain, Magic Johnson dan lain-lain, luar biasa bukan?

Dibawah ini videonya yang sempat diunggah di Youtube :


Kalau diperhatikan, mirip seperti David Beckham di Sepakbola, dimana Beckham berhasil mencetak gol  juga dari tengah lapangan.

sumber : blackxperience.com & wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar